Tenggelamkan kapal Viking si Pencuri Ikan

Kapal Viking di tenggelamkan - foto BBC.com
e-Berita Plus, Senin  ini tanggal 14/03/16 kembali Indonesia mencoba untuk menjaga kewibawaan dan martabat serta kedaulatan bangsa .  Kapal Viking itu telah di tenggelamkan , Mentri Kelautan dan Perikanan yang memimpin  langsung penenggelaman kapal tersebut, di perairan Pangandaran Jawa Barat.

Direktur Penanganan Pelanggaran Ditjen PSDKP, Fuad Himawan menambahkan, Kapal perikanan MV Viking ini selain mendapatkan Purple Notice dari Interpol juga diduga melakukan pelanggaran di wilayah Indonesia yaitu melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah WPPNRI tanpa disertai dokumen resmi dari pemerintah. Kapal ini juga melakukan pelanggaran penggunaan alat penangkapan ikan yang tidak sesuai dengan ukuran yang ditetapkan, tidak sesuai dengan persyaratan, atau standar yang ditetapkan untuk alat penangkapan ikan yang secara berturut turut tertuang pada Undang-undang nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan pasal 93 ayat 4 dan Pasal 85.

Dalam wawancara eksklusif dengan BBC, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa penenggelaman FV Viking adalah bukti bahwa dia tidak takut menenggelamkan kapal-kapal besar dalam rangka ‘perang’ terhadap pencurian ikan.
“Kalau saya sih berani saja,” ujarnya.
Menurutnya, pemerintah tak lagi perlu menempuh jalur pengadilan untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan.
“Karena kita sudah ada satgas dan presiden sudah perintahkan langsung tangkap dan tenggelamkan, seperti Viking ini akan langsung kita tenggelamkan tidak langsung pengadilan lagi.”

"Penangkapan kapal ini merupakan kemenangan bagi Indonesia," kata Susi, kepada Rebecca Henschke dari BBC Indonesia, di lokasi penenggelaman, Senin (14/3).

Disaksikan para nelayan di perairan tersebut , Kapal PV Viking sengaja tidak di hancurkan secara keseluruhan , hal ini agar kapal tersebut dapat di jadikan  monument. berikut pernyataan Mentri Susi Pudjiastuti.

“Sesudah dijadikan monumen nanti, ini akan menyampaikan pesan bahwa para penangkap ikan liar boleh jadi bebas di negara lain namun andai masuk perairan Indonesia mereka akan ditangkap dan inilah yang akan terjadi pada kapal-kapal mereka," tegas Susi Pudjiastuti.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangganya terhadap prestasi Indonesia yang berhasil menangkap kapal Viking. Sebabnya, kapal pencuri ikan lintas negara ini diburu 13 negara selama bertahun-tahun.





Related

Indonesia 4354800779478472755

Posting Komentar

emo-but-icon

Dunia Internet

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item